Ortus Magazine
Montreal, Ryuji X Ortuseight. The Perfect Remix of Comfort, Style dan Function
September 07, 2022
 

Fashion dan kenyamanan harus bersinergi dengan baik. Ketika dua hal itu bersinergi, lo jadi pede, dan ketika lo pede, (you could) just be yourself and dare to stand-out. - Ryuji Utomo

--

Ketika PT Vita Nova Atletik memilih material, kreativitas penggunaan dan kombinasi bahan  yang fungsional tanpa menganulir estetika pada sepatu menjadi faktor yang menjadi prioritas penentu. Demikian pula yang diterapkan pada sepatu edisi spesial kolaborasi ketiga dengan Ryuji Utomo kali ini. Mengedepankan kata kunci transisi aktivitas kegiatan yang dituntut semakin cepat, Montreal, diklaim mumpuni untuk menjadi teman melangkah dalam menjalani kegiatan pemuda Indonesia seharian penuh.

--

Jakarta, 19 Agustus 2022 - Didirikan di Jakarta pada tahun 2018, Ortuseight semakin tajam dalam memainkan perannya, tidak hanya pada perlengkapan olahraga, namun juga pada lini pakaian dengan style urban, Brand  lokal Indonesia ini terus melawan gravitasi mendorong ke atas tanpa batas. Salah satu yang menjadi keunggulan adalah detail artistik dan permainan bahan tak terduga, yang dinilai penggunanya selalu segar menghadirkan perspektif baru pada siluet sepatu-sepatu yang diluncurkannya.

Montreal, seri sneakers terbaru edisi kolaborasi ketiga PT Vita Nova Atletik dengan atlet muda kebanggan Indonesia, Ryuji Utomo, digadang mengetengahkan kenyamanan, tanpa mengurangi sisi estetis yang direpresentasikan oleh ornamental layer of patches pada bagian upper badan sepatu yang secara cermat pula menginjeksi sisi fungsionalitas pada DNA sepatu. 

Ide dan konsep awal yang diinisiasi oleh Ryuji Utomo disambut baik oleh Ortuseight, dimana pada proses aktualisasinya dirasa oleh Ryuji memberi kesan tersendiri, “It’s a fun challenge ya ketika saya harus mengomunikasikan apa yang ada di kepala saya, but that’s  a fun part, (actually) this whole part (was a fun part)  karena tim Ortuseight sangat suportif dan ketika (produknya) final, saya ngerasa itu saya banget dan ortuseight banget ,dan jadi hasil akhirnya emang kita banget!”

Ryuji Utomo yang sekarang sedang berfokus bersama timnya menjalani Liga Indonesia ini menyebutkan bahwa dia ingin menunjukan bahwa sepatu ini dapat dikenakan  untuk aktivitas sehari-hari dan tetap easy-to-match,Kenyamanan sama style harus bersinergi. Karena pede harus setone sama kenyamanan. Jadi kita cari detail dan referensi yang dapet buat keduanya. Dan pemilihan warna dasar grey itu karena saya rasa sangat versatile ya, oke buat casual sekaligus formal.”

Sisi kalem abu-abu yang merupakan dominan warna pada sepatu ini dipulas dengan striking color yang kontras, dimana dual split-tone hijau terang bertujuan memberi kesan standout yang menularkan energi sekaligus memberi kesan sporty. Ryuji mengatakan bahwa pemilihan warna Acid Lime dan abu-abu pada seri ini merupakan perpaduan warna yang sangat mewakili personal style dirinya. 

Octrisany D. Putra, Head of Product Design Ortuseight juga mendukung statement ini, “Acid Lime pada bagian outsole memberi kesan eksentrik, sementara highlight lainnya yang krusial ada di bagian quarter, disana terdapat mesh yang bertujuan memberi kenyamanan bagi pemakainya walau dipakai jalan seharian.”

Selain warna, fungsi dari outsole tebal yang dimiliki sneaker ini pula menarik untuk dikulik. "Ketika sepatu dipakai berjalan maka tumpuan kaki akan terkonsentrasi di bagian tumit, dimana getaran langsung mengangkat ke lutut, jika bantalan sneakers pendek dan keras apalagi jika sepatu tidak bertumit, akan tidak nyaman karena tidak ada fungsi peredam," ujar Teguh Sarwoko, Product Development Ortuseight. Fungsi peredam ini pada Montreal juga ditampung oleh Sandwich Mesh yang memiliki ketebalan sekitar 4mm, empuk dan tidak kaku, sementara outsole dengan style chunky juga dipilih dengan pertimbangan tersendiri, lanjutnya, “Bahan outsole memang didesain tebal bermaterial Pyhlon Compress. Sepatu ini juga dilengkapi rubber dibagian bawah agar tidak licin dan abrasinya lebih kuat. Mesh supaya tidak panas karena berpori-pori; mesh Montreal dibuat agak rapat agar tidak cepat kotor, kemudian di-layer dengan PU agar lebih menarik dan agar shape-nya terbentuk dan bisa lebih nyaman dikaki," tutup Teguh Sarwoko.

Tumpukan material mesh, synthetic PU dan synthetic splite suede yang  tersebar pada upper sepatu membuat siluet Montreal berada pada level impresif yang sangat menarik dipandang mata, dan bersama-sama, tiap elemen pada Montreal terasa relatif dapat dikenali oleh konsumen secara instan karena sanggup menjadi sebuah statement fashion walau berdiri sendiri.

Montreal juga diberi variasi punching hole, PVC Injected Eyelet, Heel Webbing dengan warna senada, TPR Glossy Backcounter dan printing emboss logo naga otentik Ryuji Utomo yang mewakilkan effort untuk memenuhi rasa kontemporer yang patut diapresiasi. 

Untuk logonya sendiri inisial nama saya, konsepnya pedang katana yang melambangkan perjuangan, lalu di huruf U ada gambar naga diambil dari nama Ryuji. Naga juga melambangkan makhluk mitologi yang kuat di dalam cerita dari berbagai belahan dunia.” ujar penyuka buku Haruki Murakami yang selalu mengikuti tren fashion terkini ini.

Semangat mendukung brand lokal juga sangat kuat terpancar dari atlet muda ini, “Menurut saya, Ortuseight merupakan brand lokal dengan visi misi, produk dan kualitas internasional,” ujar Ryuji, “teman, lawan, sampai fans selalu nanya sepatu yang saya pakai, dan mereka tidak percaya kalau kualitas (lokal) bisa sebagus itu, dan saya bangga menjadi bagian dari Ortuseight.” Ryuji juga berpendapat bahwa trend anak muda sekarang sangat kreatif, karena akses untuk mendapatkan referensi fashion semakin mudah dan banyak. Anak muda juga bangga dan secara komunal mau menggunakan brand lokal. 

Ryuji berharap agar produk lokal dapat menjadi tuan rumah di tanah sendiri dan mampu untuk terus maju, terus berkembang, terus menjadi besar, agar bisa membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang,. 

Sementara highlight Ortuseight pada Montreal Ryuji Utomo x Ortuseight ini yaitu diantaranya adalah QuickFit yang terdapat di bagian upper sepatu dengan material pelapis dalam upper sepatu yang lembut agar fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki pemakai, membuat sepatu terasa nyaman ketika digunakan, bahkan pada pemakaian pertama tanpa butuh penyesuaian terlebih dahulu. Disematkan pula teknologi  OrtShox pada bagian sockliner dimana OrtShox adalah insole yang didesain dengan teknologi 3D molded untuk memberikan kenyamanan dan grip pada telapak kaki agar pemain dapat memberikan gerakan-gerakan spontan.  Terakhir adalah CumulusFoam, yang merupakan salah satu Ortus Technology favorit untuk seri Footwear. CumulusFoam adalah midsole berbahan Injection Phylon yang sangat empuk sekaligus ringan yang memberikan kenyamanan luar biasa bagi pemakainya, seperti berjalan di atas awan. Teknologi ini juga mampu meredam benturan kaki ke permukaan tanah sehingga mencegah cedera lutut.

Dengan ketersedian ukuran dari size 37 hingga 46, Montreal Ryuji Utomo x Ortuseight dibanderol dengan harga Rp 499.000. Produk ini tersedia secara online di official Online Store Ortuseight dan juga secara offline pada Official Distribution Channel Ortuseight - PT Vita Nova Atletik di setiap kota seluruh Indonesia. Jadi, teruntuk para pemuda aktif yang menyukai desain ataupun konsep dari terciptanya sepatu ini, koleksi kolaborasi Ortuseight dan Ryuji pasti dirasa sangat tepat untuk menjadi salah satu andalan sehari-hari yang mumpuni.

When comfort meets style, it’s definately a Montreal.

TRENDING

4 Sepatu Ortuseight untuk 4 lapangan berbeda

Pemilihan sepatu yang tepat sangat menunjang permainan dan kenyamanan pemain saat menggiring bola. Untuk itu memilih sep...

explore more
5 Tips Merawat Sepatu Bola Ortuseight

Apakah kamu sering menghadapi masalah dengan sepatu yang sangat cepat rusak? Mungkin bisa saja kamu memang tidak merawat...

explore more
Hypersonic 1.0, Bukti Ortuseight Terjang Boston Marathon 2021

Dengan menyandang tajuk “Your Flying Machine”...

explore more