Ortus Magazine
Hypersonic pioneer Sepatu Lari Carbon Plate Pertama di Indonesia.
May 13, 2022
 

Selang setengah tahun sudah perwakilan Indonesia pada 2021 lalu, Hendri Pardede, menjajal Hypersonic untuk pertama kalinya di aspal panas Boston Marathon. Ortuseightrunning resmi memperkenalkan Hypersonic ke pasaran sekaligus membawa momentum ini sebagai pengenalan resmi Hypersonic, Running Shoes Carbon Plate pertama di Indonesia, ke khalayak ramai.

“Sebagai pelari marathon, saya bangga bisa menjadi pelari indonesia yang mencoba Hypersonic diajang Boston Marathon, bangga dengan brand lokal pertama di Indonesia yg mempergunakan teknologi Kinetic blade atau carbon-plate,” ujar  Hendri Pardede.

Inovasi Ortuseightrunning pada Hypersonic kali ini terdapat pada teknologi kinetic blade. Dengan reflector dekoratif yang fungsional di bagian depan, sepatu bermaterial Jacquard Mesh ditilik lebih durable namun tetap lightweight. Sementara pada cushion, Stratus Foam yang elastis dan lentur membuat teknik layering sandwich dengan Cumulus Foam yang mengapit Kinetic Blade menyumbang besar pada efektivitas pengiriman peningkatan back-return energi pelari.

Sementara teknologi Kinetic Blade sendiri mampu menyeimbangkan sepatu dan mengarahkan momentum untuk  mengurangi energy lost pada saat toe-off serta menambah pegas kaki yang berdampak pada efisiensi energi secara keseluruhan. Hypesonic mengombinasikan teknologi kinetic blade dan multi-layer StratusFoam serta CumulusFoam yang dijepit oleh plat karbon, membuat stabilitas terasa maksimal untuk pemakaian lari jarak jauh.

Tajuk “Your Flying Machine” tetap disandingkan pada Hypersonic ini. Dengan melewati tes uji pakai dan uji lab berstandar internasional yang mengusung kekuatan fitur ultra-propulsion, sepatu ini menggunakan cushioning yang ultra-responsive dengan fleksibilitas tinggi, jaminan sepatu tahan banting yang membuat lari melenting.  

Desain

Pada sisi desain, Hypersonic diberi sentuhan nuansa warna segar yang up-trend dikalangan pelari lokal masa kini. Nampak pada keseluruhan badan sepatu maupun outsole yang di dominasi warna neon clash-color dengan dua pilihan warna Hypersonic Peach/White/Black & Hypersonic Electricity/Black/Ortrange yang mencuri perhatian. Sementara pada bagian samping sepatu terdapat Quarter Logo dengan metode cutting-press khas Ortuseight, dilanjutkan pada bagian collar-lining yang dibuat bermaterial Merry-Mash yang dilengkapi dengan heel-cap PU Nosew. Aksen logo outline berlambangkan Ortuseight pada sisi kiri dan kanan sepatu, serta garis outline hitam dan reflector lines ini membuat desain keseluruhan sepatu nampak balance dan proporsional.

 

Fitur dan Material -  Breakdown

Quick Fit

Quick fit teknologi ini terdapat di bagian Upper sepatu Ortuseight dengan material pelapis dalam upper sepatu yang lembut agar fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki pemakai. Sepatu pun akan terasa langsung nyaman di kaki bahkan pada pemakaian pertama tanpa butuh penyesuaian terlebih dahulu.

OrtStrap

Teknologi Ort-strap ini berbentuk lapisan PU ultra tipis pada area dalam sepatu yang terletak di bagian samping. Teknologi ini berfungsi untuk memeluk kaki dan melindungi kaki dengan cara meningkatkan stabilitas sepatu ketika berlari.

OrtFlow

Ort Flow adalah teknologi dengan penggunaan material engineered mesh untuk bagian upper sepatu yang berventilasi di posisi yang dapat memaksimalkan aliran udara didalam sepatu, sehingga kaki kamu pun akan terasa sejuk

OrtShox

Ort-ShoX adalah insole yang didesain sedemikian rupa dengan teknologi 3D molded untuk memberikan kenyamanan dan grip pada telapak kaki agar pemain dapat memberikan gerakan-gerakan spontan yang tidak terduga.

CumulusFoam dan StratusFoam

CumulusFoam adalah midsole berbahan Injection Phylon yang sangat empuk sekaligus ringan yang memberikan kenyamanan luar biasa bagi pemakainya, seperti berjalan di atas awan. Teknologi ini juga mampu meredam benturan kaki ke permukaan tanah sehingga mencegah cedera lutut.

Khusus untuk seri Hypersonic, sepatu ini dibuat double midsole, yaitu teknik dimana Ortuseight menggabungkan dua bahan yang saling melengkapi satu sama lain dengan perhitungan desain khusus. Melalui material dan hardness point yang dibuat  spesifik secara fungsi, terbukti membuat sol lebih responsif, dan lebih tahan banting. Sebagai pilihan midsole materialnya terbuat dari bahan Injection Phylon yang sangat empuk sekaligus ringan. Teknologi ini juga mampu meredam benturan kaki ke permukaan tanah sehingga pelari terhindar dari cedera lutut.

Teknologi double midsole ini dapat bekerja paling baik selama lari jarak jauh karena gabungan dari kedua teknologi ini membuat bahan midsole menjadi ringan dan tidak membebani kaki. Midsole pada layer pertama berbahan EVA Compound berteknologi CumulusFoam dengan Hardness 35 Shore C yang empuk dan ringan untuk meredam benturan kaki ke tanah. Sementara Midsole pada layer kedua berteknologi StratusFoam Compound. Lebih ringan dan lebih tahan kempes dibandingkan dengan material  EVA Compound yang berfungsi melengkapi layer pertama.


Upper

Pada bagian Upper-Shoes, vamp sepatu ini menggunakan Jacquard Mesh berdesain alur lubang berventilasi yang memberikan kenyamanan bernapas pori kaki dan menghasilkan sensasi gerak lebih ringan. Mesh yang enteng dan berlubang direkomendasikan untuk suhu panas atau situasi dimana faktor kelembaban gerak pelari diperhitungkan. Material ini juga memiliki drainase evaporasi yang sangat baik untuk keringat pelari. Tongue sandwich mesh pada sepatu ini berwarna solid diberi printing pada bagian PU Nosew, membuat kesan warna gelap terasa seimbang dengan eyestay logo printing berupa font lettermark Ortuseight.

Lebih dalam tentang fungsi Eyestay Hypersonic yang diperkuat material PU Nosew 0.4 mm dengan ekstra-fitur Eyestay Reinforcement berupa 1.2 mm PU Nosew memberikan peningkatan daya tahan terhadap gesekan tali dan membantu menyeimbangkan stabilitas ruang pangkal kaki.

Kinetic Blade dan CarbonPlate

Kinetic Blade terbuat dari serat karbon ringan yang tertanam di dalam busa ultra-responsif. Fitur ini berfungsi menyimpan energi kinetik seperti pegas untuk mendorong pelari maju dengan langkah yang lebih mudah dan mengurangi kelelahan otot. Fitur ini juga mengurangi energi yang hilang saat jempol kaki menekuk pada saat toe-off. Tujuan menggunakan pelat serat karbon pada sepatu atletik berakar pada gagasan untuk meningkatkan pengembalian energi, atau di mana jari kaki atlet terdorong dari tanah. Pelat serat karbon dibentuk dengan lengkungan yang sedikit menekuk ke bawah di bawah bola kaki.

Pada setiap langkah, pelat serat karbon yang kaku membantu busa memampatkan dan mengembang lebih cepat, mengembalikan lebih banyak energi ke pelari pada tiap gerak kaki. Efek utama dari sepatu berlapis karbon adalah mengurangi fleksi pergelangan kaki dan karenanya meningkatkan mekanika pergelangan kaki. “Menggunakan hypersonic sangat luar biasa khususnya dalam latihan long-run dimana teknologi carbon plate sangat membantu dalam bouncing saat berlari sehingga kelelahan kaki dapat dieliminisasi,” ucap Coach Hendri Pardede, Boston qualifier yang mewakili Indonesia tahun lalu, “(Hypersonic) sangat pantas menjadi salah satu pilihan running gear andalan, saya menggunakannya di Boston Marathon dan sangat membantu saya untuk mencapai finish, performanya luar biasa sehingga saya dapat bersaing dengan pelari luar negeri lainnya,” tutupnya.

Serat karbon terbuat dari filamen karbon kristal yang tipis dan kuat. Lima kali lebih kuat dari baja dan dua kali lebih kaku tetapi juga sangat ringan. Dengan menambahkan serat karbon ke sepatu, sepatu akan berperforma lebih baik pada sisi teknologi bantalan, dan secara keseluruhan memungkinkan waktu pemulihan pelari yang lebih cepat, mengurangi kelelahan otot, meningkatkan kecepatan dan menurunkan cedera kronis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Midsole yang terbuat dari karbon juga mengubah cara pelari mendarat di sepatu dan, pada dasarnya, memungkinkan untuk melompat lenting karena pelat karbon bertindak sebagai tuas untuk secara efektif menggulung kaki ke depan melalui kekuatan yang dikembangkan oleh otot kaki dan mendorong tubuh ke depan melalui siklus gaya berjalan dimana hal ini juga membuat sendi jempol kaki lebih lurus selama toe-off, secara praktis, menghemat energi.

Insole

Lidah lace-loop lebar yang mencegah kaki bergeser ke kiri atau kekanan pada saat sepatu dipakai berlari juga meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan. Las atau cetakan kaki lebar pada bagian depan forefoot yang mana bagian depan dibentuk sesuai anatomi kaki orang Indonesia, bertujuan untuk memberikan dorongan pijakan kaki yang pas, memungkinkan pelari untuk mengalami sensasi berlari yang lebih stabil serta memuaskan. Bentuk las yang mengikuti anatomi ini juga menyebabkan sepatu ini lebih terasa fitted, yaitu bagian atas sepatu yang memeluk kaki secara baik, memberikan penguncian yang bagus, pegangan tumit yang kuat dan  ruang gerak yang pas. Ditambah heel-to-toe drop setinggi 8.5 mm, tentu sangat berguna pada pelari marathon sebagai bantuan dorongan.

Hypersonic tersedia mulai bulan April 2022 dengan harga Rp 999.000. Pembelian bisa dilakukan di  official Distribution Channel Ortuseight  PT Vita Nova Atletik di setiap kota seluruh Indonesia. Hypersonic tersedia dalam dua pilihan warna, Hypersonic Peach/White/Black dan Hypersonic Electricity/Black/Ortrange yang mengcover ukuran kaki 37 - 46. Berbobot 297 gram pada size sepatu 44, sepatu ini memang maksimal dari semua variabel teknis, teknologi maupun desain, ditambah dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan sepatu lari merek luar yang berfitur serupa. Seperti dikutip dari Product Development manager Ortuseight, Teguh Sarwoko, “Saat ini untuk merek lokal memang masih belum ada yang memiliki running gear yang lengkap, Ortuseightrunning akan menjadi brand olahraga yang menuju kearah situ , yaitu memiliki produk lari yang lengkap from head to toe, sekalian juga membuktikan kepada dunia bahwa produk lokal juga tidak kalah kualitasnya dengan merek luar negeri,” lanjutnya  menutup dengan harapan, “semoga Hypersonic menjadi jawaban untuk para runner yang ingin mencoba sepatu running dengan teknologi Carbon Fiber namun dengan harga yang terjangkau, dan  masyarakat bias makin percaya dan yakin akan kualitas produk dalam negeri kita.”

Hypersonic, engineered for athletes, your flying machine.


TRENDING

4 Sepatu Ortuseight untuk 4 lapangan berbeda

Pemilihan sepatu yang tepat sangat menunjang permainan dan kenyamanan pemain saat menggiring bola. Untuk itu memilih sep...

explore more
5 Tips Merawat Sepatu Bola Ortuseight

Apakah kamu sering menghadapi masalah dengan sepatu yang sangat cepat rusak? Mungkin bisa saja kamu memang tidak merawat...

explore more
Hypersonic 1.0, Bukti Ortuseight Terjang Boston Marathon 2021

Dengan menyandang tajuk “Your Flying Machine”...

explore more