Ortus Magazine
CATALYST CURE FG, KOLABORASI APIK Ortuseight x Muklay
April 01, 2022
 

Awal tahun ini kolaborasi menarik kembali dilakukan oleh PT Vita Nova Atletik secara lintas batas. Melalui brand olahraga bola mereka, Ortuseight, secara mengejutkan meluncurkan sepatu dengan Muchlis Fachry, digital artist Indonesia yang karyanya sudah mendapat tempat di hati masyarakat kreatif Indonesia. Dikenal luas dengan nama Muklay, seri ini nampak memberikan sentuhan berbeda dengan goresan inspiratif yang menggambarkan kejadian penting yang terjadi di dunia sepanjang tahun 2020. Nama seri sepatu ini diambil dari Bahasa Inggris, cure yang berarti penyembuh. Terdapat representatif artwork dengan bentuk virus, rumah, matahari, vitamin yang sedikitnya menjadi objek utama dalam CATALYST CURE FG kali ini, yang mana dirasa menjadi highlight semua insan di masa pandemi Covid-19, yang tentu saja secara nyata membuat pergerakan antar manusia berubah total. Artwork dan permainan warna pada shoe-surface CATALYST CURE FG dirasa khas drawing-style seorang Muklay, terlihat menyatu secara visual dan memberikan sentuhan unik dan segar, terlepas dari inspirasi utama yang ingin disampaikan pada karya ini.

Obyektif mendesain sepatu non-sneakers pertamanya ini adalah keinginan Muklay untuk mengirimkan awareness kepada penggunanya, dimana pesan yang ingin disampaikan dari sang desainer melalui karya kolaboratif dari seri yang worth-to-collect kali ini adalah “harapan”. Walaupun CATALYST CURE FG diproduksi dalam jumlah terbatas, diharapkan seri ini menjadi medium yang sempurna untuk menyampaikan kekuatan komunal bahwa dalam kondisi seperti apapun, semua harus tetap menjaga dan membersamai harapan masing-masing, sekaligus mendorong semua lapisan, apapun bidangnya, untuk tetap berjuang karena virus yang membuat susah sekalipun sebenarnya dapat menjadi bahan pembelajaran dan koreksi diri, jika dilihat dari perspektif yang tepat, plus menjadi titik balik awareness kesehatan diantara masyarakat, agar giat menjaga pola hidup sehat serta selalu berolahraga.  

Jika pada kolaborasi sebelumnya Ortuseight selalu melakukan pair-up dengan atlet, ini kali pertama pula pihak Ortuseight melakukan kolaborasi dengan seniman. Proses pengerjaan desain hingga development memakan waktu kurang lebih hampir dua tahun lamanya. Selain itu yang membedakan dengan kolaborasi lainnya Ortuseight x Muklay berusaha memberikan opsi bagi pecinta sepakbola agar tidak hanya dapat menikmati karya Muklay dalam bentuk sepatu melainkan beberapa item khusus lainnya yaitu Football Ball dan Shin Guard Bola berdesain senada. 

Dari sisi teknis teknologi, CATALYST CURE FG di bagian Upper menggunakan material PU Synthetic Backing Microfiber dengan teknologi QuickFit atau material pelapis dalam upper sepatu yang lembut agar fitting sepatu pas dan secara instan mengikuti bentuk kaki pemakai, adaptasi yang lebih cepat dapat diartikan sebagai efisiensi yang  penting untuk diperhitungkan.  Selain itu bagian Upper juga dilengkapi teknologi Ort-Strap atau lapisan bahan PU ultra tipis pada area dalam sepatu yang melindungi kaki dengan cara meningkatkan stabilitas sepatu ketika berjalan maupun berlari. Teknologi ini berguna untuk memberikan sensasi memeluk kaki dan mencegah bagian upper sepatu kendor ketika digunakan berlari. Teknologi ini pula melindungi kaki dengan cara meningkatkan stabilitas sepatu ketika berlari dan melakukan berbagai manuver. Pada bagian midsole atau sockliner diberi kekuatan OrtShox. OrtShox  merupakan kunci teknologi pada insole yang di desain mengikuti kontur telapak kaki untuk mencegah kaki bergeser ketika berlari sehingga menghindari resiko cedera. Sementara di bagian outsole, seri ini sudah menggunakan material PebaxPowered  Pebax adalah world leading high-tech polymer designed, memiliki teknologi yang disebut block copolymer technology dimana teknologi ini memberi jaminan aktivasi fleksibilitas dan elastisitas, yang pula, pada  waktu bersamaan mempertahankan keringanan, kekuatan dan energy return penggunanya. Kedua obyektif ini secara afirmatif diterjemahkan sebagai keunggulan yang mengetengahkan “best of both worlds” dari segi performa dan efektivitas akhir sebuah alas kaki yang peruntukannya bagi pengguna dengan kategori extremely high performance sport wear. Yang istimewa dari block copolymer technology adalah, blok ini memiliki keunggulan dibandingkan kopolimer acak dalam hal polimer kristalin dapat dimodifikasi tanpa pengurangan yang signifikan dari titik leleh, modulus, kekuatan tarik, dan sifat elastisnya. 

Outsole CATALYST CURE FG juga dilengkapi dengan OrtSpine dan OrtRex.  OrtRex yang mana sebuah sistem unggulan yang diciptakan oleh Ortuseight yaitu sistem dimana pul/stud sepatu dirancang menyerupai bilah/blade dan ditempatkan secara sistematis pada posisi yang tepat. Teknologi ini akan memberikan pengguna traksi dan daya cengkram ke rumput yang kuat sehingga pemain dapat melakukan akselerasi dan manuver cepat dan tepat sementara OrtSpine yang terletak pada bagian tengah outsole berfungsi untuk menjaga kekuatan dan bentuk dari outsole tersebut sehingga tetap kuat namun tetap fleksibel untuk menopang pemain yang memakainya.

Tersedia dalam warna White/Diversity, pada setiap pembelian CATALYST CURE FG sudah termasuk didalamnya untuk mendapatkan stiker dan kartu ucapan khusus. Sepasang sepatu ini dikunci pada harga Rp 599,000 dan hanya tersedia dalam varian Football. Pastikan untuk mendapatkannya secara orisinal dan gunakan seri kolektor ini dengan bangga di lapangan.

TRENDING

4 Sepatu Ortuseight untuk 4 lapangan berbeda

Pemilihan sepatu yang tepat sangat menunjang permainan dan kenyamanan pemain saat menggiring bola. Untuk itu memilih sep...

explore more
5 Tips Merawat Sepatu Bola Ortuseight

Apakah kamu sering menghadapi masalah dengan sepatu yang sangat cepat rusak? Mungkin bisa saja kamu memang tidak merawat...

explore more
Hypersonic 1.0, Bukti Ortuseight Terjang Boston Marathon 2021

Dengan menyandang tajuk “Your Flying Machine”...

explore more