Ortus Magazine
Para Atlet Indonesia Perankan Ortuseight Pandawa Lima
June 28, 2021
 

Tengah tahun ini kembali PT Vita Nova Atletik menggebrak pasar dengan konsep yang sarat dengan nilai Indonesia yang selalu menjadi ciri utama pada tiap luncuran produk  Ortuseight. Adalah Hikayat Poesaka Pertiwi – Seri Pandawa Lima, yang kali ini menjadi highlight utama pada Summer Collection 2021 Ortuseight. Kolaborasi kali ini terhitung masif dengan campaign yang tak tanggung-tanggung karena melibatkan sembilan atlet Indonesia di lini sepakbola dan futsal, diantaranya Ryuji Utomo, Muhammad Valeron, Muhammad Albagir, Gian Zola Nasrullah Nugraha, Bambang Bayu Saptadji, Beckham Putra Nugraha, Rizki Xavier, Fadil Sausu dan Caisar Silitionga, membuat seri ini sangat berbeda dengan luncuran Ortuseight sebelumnya.

Dengan tema utama kebersatuan yang mengusung karakter dan ciri khas masing masing karakter Pandawa pada konsep desain, Ortuseight mencoba menyisipkan key-message agar anak muda Indonesia tak henti untuk saling melengkapi walau ditengah keberagaman. Berangkat dari hal ini, Ortuseight mencari atlet bola Indonesia yang dapat mereprentasikan karakter Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Dengan tampilan desain berupa goresan tangan beralur-ceritera nusantara dan lekuk ukiran dekoratif tradisional yang tentu saja disempurnakan dengan teknologi pewarnaan digital untuk mendukung standar kualitas produksi Ortuseight kompleksitas karakter lima wayang tokoh Pandawa Lima yang dituangkan dalam seri ini terbukti sangat menjanjikan.

Rangkaian Pandawa Lima dimulai dari seri Bima yang secara resmi  dirilis pada bulan April 2021 yang dikolaborasikan  oleh Ryuji Utomo,  pemain bola kelahiran 1 Juli 1995 dengan tinggi 183 cm yang menempati posisi centre-back namun juga kuat pada sebagai defensive midfielder ini didapuk karena tokoh Bima digambarkan sebagai ksatria yang terlihat paling dominan karena perawakannya yang paling besar dan perkasa.  Memililki sifat dan perwatakan gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan juga jujur. Ksatria Wayang Bima juga memiliki sifat kasar dan menakutkan bagi musuh. Semua sifat dan karakter ini dituangkan secara visual dalam desain senjata andalan Wayang Bima, yaitu Kuku Pancanaka. Dilengkapi dengan ilustrasi kain kotak papan catur yang ditambah dengan visual tali tambang terpilin berwarna merah putih  yang melambangkan kebersatuan nusantara.  Warna dominan sepatu ini adalah merah menyala, yang diyakini dapat mewakili watak keberanian yang berkobar-kobar seperti nuansa merahnya nyala api.

Untuk seri Arjuna, Ksatria Pandawa yang ahli memanah disebutkan memiliki watak lembut, kalem dan gemar melakukan laku suci, tapabrata, meditasi, dan berpuasa guna meraih tataran ilmu yang lebih tinggi. Dalam desain, ciri karakter seorang Arjuna tervisualisasikan melalui senjata andalan Arjuna berupa busur dan anak panah.sebagai image-statement bahwa pengguna sepatu “will never miss a target” agar dapat memberikan motivasi dan inner-power bagi atlet dalam mencetak goal melalui tendangan yang akurat. Ortuseight menggandeng Muhammad Valeron atau akrab disapa Eyon, pemain sepak bola yang cemerlang pada posisi penyerang dan lahir di tanggal 1 Mei 2004 pada seri sepatu bola dan Muhammad Albagir yang berposisi kiper Black Steel Manokwari pada seri sepatu futsal.

Seri selanjutnya yang akan rilis bulan Juni 2021 adalah Nakula yang akan diperankan oleh Gian Zola Nasrullah Nugraha, pemain Persib Bandung kelahiran Bandung 5 Agustus 1998 pada lini sepatu sepakbola, dan Bambang Bayu Saptadji, pria 28 tahun kelahiran Bogor yang pernah bermain dalam Liga Futsal Cina yang akrab disapa BBS oleh penggemarnya. Desain Nakula sebagai representatif simbol keindahan dan keharmonisan dengan perwatakannya  yang jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi dituangkan dalam visualisasi desain dengan warna dan konsep alam-hutan yang melambangkan keseimbangan dan keharmonisan pada nuansa tema utama berwarna hijau.

Sementara seri Sadewa, kecil dari duo kembar Nakula dari keluarga Pandawa yang walaupun kembar, namun merupakan individu yang sangat berbeda satu sama lain direpresentasikan oleh Rizki Xavier pada lini futsal dan Beckham Putra pada lini sepakbola. Sadewa yang berwatak sangat rajin dan bijaksana, konon sangat mahir dalam bidang astronomi, disebut memiliki sifat jujur, setia dan mampu menjaga rahasia. Pada sisi kreatif desain, Ortuseight mencoba mengembangkan karakter Wayang Sadewa dengan warna hitam dan kuning keemasan untuk mengimbangi alam dan netralitas jiwa. Seri Sadewa dirasa sangat cocok untuk direpresentasikan oleh Beckham Putra Nugraha, pria kelahiran Bandung yang berusia 19 tahun dengan tinggi 173 cm dan Muhammad Rizki Xavier yang pernah bergabung bersama Bara Kaltim sebagai atlet kolaboratif pada seri ini yang direncanakan akan resmi meluncur pada bulan Juni 2021,

Terakhir pada bulan Juli, tokoh wayang Yudistira akan diperankan oleh Fadil Sausu yang tergabung pada Bali United untuk lini sepakbola dan Caisar Silitonga yang mengawali karir sebagai freestyler pada lini futsal. Inspirasi utama berasal dari karakter wayang Yudistira yang berwatak bijaksana, adil, jujur. Keywords ini divisualisasikan oleh tim Ortuseight dalam bentuk simetris yang mewaliki keseimbangan bentuk dan karakter.  Pusaka tokoh Yudistira yaitu Layang Kalimasada yang dapat dilihat pada secarik kertas yang terselip pada mahkotanya pula diikutsertakan pada konsep utama diiringi oleh sederet tulisan aksara Jawa yang merupakan ungkapan filosofis yang berbunyi “Surodiro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti” yang secara singkat artinya adalah “Semua bentuk angkara murka yang bertahta dalam diri manusia, akan dapat dihilangkan dengan sifat sifat lemah lembut, kasih sayang dan kebaikan”.


Itulah tadi sekelumit kisah dibalik desaain Poesaka Pertiwi dalan waracarita Pandawa Lima. 


TRENDING

4 Sepatu Ortuseight untuk 4 lapangan berbeda

Pemilihan sepatu yang tepat sangat menunjang permainan dan kenyamanan pemain saat menggiring bola. Untuk itu memilih sep...

explore more
5 Produk unggulan Ortuseight Spring 2021

Pada tanggal 12-15 Oktober 2020 bertempat di Allium Hotel Tangerang, Ortuseight menggelar perilisan produk yang bertajuk...

explore more
5 Tips Merawat Sepatu Bola Ortuseight

Apakah kamu sering menghadapi masalah dengan sepatu yang sangat cepat rusak? Mungkin bisa saja kamu memang tidak merawat...

explore more